cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23028912     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and entrepreneurship that certainly have never been published. E-Jurnal Manajemen is published every month by Management Study Program.
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 3 (2016)" : 25 Documents clear
PENGARUH NORMA SUBJEKTIF, EFIKASI DIRI, DAN SIKAP TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA SISWA SMKN DI DENPASAR I Putu Bayu Adi Jaya; Ni Ketut Seminari
E-Jurnal Manajemen Vol 5 No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.669 KB)

Abstract

Proses pembelajaran kewirausahaan di sekolah belum diikuti dengan penerapan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan yang riil. Tidak optimalnya proses pembelajaran kewirausahaan, akhirnya membuat lulusan SMK tidak mempunyai semangat berwirausaha dan justru lebih menyukai menjadi pegawai.Studi bertujuan (1) bagaimana pengaruh norma subjektif terhadap intensi berwirausaha siswa SMKN di Denpasar, (2) bagaimana pengaruh efikasi diri terhadap intensi berwirausaha siswa SMKN di Denpasar, dan (3) sikap terhadap intensi berwirausaha siswa SMKN di Denpasar. melalui bantuan teknik analisis data regresi linier berganda. Hasil model regresi linier berganda menjawab norma subjektif berpengaruh signifikan positif terhadap intensi berwirausaha siswa SMKN di Denpasar. Efikasi diri berpengaruh signifikan positif terhadap intensi berwirausaha siswa SMKN di Denpasar. Sikap berpengaruh signifikan positif terhadap intensi berwirausaha siswa SMKN di Denpasar. Direkomendasikan, bagi pihak sekolah agar meyakinkan pola pikir dari siswa SMKN sehingga memiliki minat berwirausaha. Menanamkan bakat serta menggali potensi siswa untuk menjadi seorang wirausaha.
PENGARUH DEMOGRAFI DAN STIMULI INTERNAL TOKO TERHADAP EMOSI POSITIF DAN IMPULSE BUYING PADA SUPERMARKET TIARA DEWATA Sonny Wedha Baskara; Kastawan Mandala
E-Jurnal Manajemen Vol 5 No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.364 KB)

Abstract

Bali khususnya di kota Denpasar. Fenomena tersebut telah mengeser sedikit demi sedikit pasar tradisonal, persaingan saling berlomba untuk menarik konsumen berbelanja. Strategi pemasaran yang dilakukan untuk menarik konsumen yang seperti potongan harga, point belanja untuk menarik konsumen untuk datang melakukan Impulse buying. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji faktor demografi dan stimuli internal toko terhadap emosi positif dan impulse buying. Penelitian ini dilakukan di supermarket Tiara Dewata Kota Denpasar. Sampel yang diambil sebanyak 120 orang, diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor demografi, stimuli internal toko, emosi positif memliki hubungan positif signifikan terhadap impulse buying, menujukan bahwa faktor-faktor tersebut dapat mendorong konsimen untuk melakukan kegiatan impulse buying.
PENGARUH PRICE DISCOUNT DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP EMOTIONAL SHOPPING DAN IMPULSE BUYING Wayan Aris Gumilang; I Ketut Nurcahya
E-Jurnal Manajemen Vol 5 No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.833 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Price Discount dan Store Atmosphere terhadap Emotional Shopping dan Impulse Buying di Matahari Department Store Cabang Denpasar. Penelitian ini berbentuk asosiatif dan dilakukan di Matahari Department Store Cabang Denpasar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 128 orang. Dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan program AMOS 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima. Emotional Shopping memiliki pengaruh secara langsung terhadap Impulse Buying sebesar 0,425, Price Discount memiliki pengaruh secara langsung terhadap Emotional Shopping sebesar 0,410, Store Atmosphere memiliki pengaruh secara langsung terhadap Emotional Shopping sebesar 0,482, Price Discount terhadap Impulse Buying sebesar 0,305, dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying 0,289. Penting bagi pihak Matahari untuk memastikan bahwa penerapan Price Discount dan Store Atmosphere telah dilakukan dengan baik dan tepat sehingga ke depannya dapat secara konsisten menciptakan Emotional Shopping dan dapat membuat konsumen melakukan pembelian impulsif ketika mengunjungi Matahari Department Store Cabang Denpasar.
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN PROFITABILITAS PADA STRUKTUR MODAL PERUSAHAAN Kadek Irrine Devita Angelina; I Ketut Mustanda
E-Jurnal Manajemen Vol 5 No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.936 KB)

Abstract

The aim of this study was to determine the significance of the partial influence of the size of companies, growth in sales and profitability is proxied by Return on Assets (ROA) in the capital structure. The population used in this study is the food and beverage companies listed in Indonesia Stock Exchange 2010-2013 period totaling 18 companies. Saturated sampling method is used as a determination of the number of samples in this study. The data in this research is multiple linear regression using SPSS in data processing. Results of the study found that the size of the company's partial significant positive effect on the capital structure, sales growth significantly positive effect on the capital structure and profitability is proxied by Return on Assets (ROA) significant negative effect on the capital structure.
PERAN SIKAP DALAM MEMEDIASI PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN INTERNET BANKING DI KOTA DENPASAR Ni Nyoman Suaryani Linda Novita; I Gusti Ayu Ketut Giantari
E-Jurnal Manajemen Vol 5 No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.684 KB)

Abstract

This study aims to determine how the effects of perceived usefulness and attitude toward one's intention in using internet banking in Denpasar. The location for this reseacrh held in Denpasar. The number of samples taken is 140 people, with a purposive sampling technique and methods used are non-probability sampling. There are two ways in which the data collection was questionnaires and interviews. Path analysis is a technique of analysis in this study, and Sobel test for the role of mediation. This research is to obtain results which stated that the perceived usefulness has a positive influence and significant also partially on a person's intentions and attitudes toward using internet banking in Denpasar. There was a significant positive effect and influence attitudes towards one's intention to use internet banking in Denpasar. Found also the intention to use internet banking in Denpasar can be influenced by perceived usefulness and attitude partially as a mediating variable.
KINERJA KEUANGAN DAN PENGAKUAN PASAR SEBAGAI PREDIKTOR RETURN SAHAM (STUDI PADA PERUSAHAAN INDEKS LQ 45) Elizabeth Ayu Alvionita Sutrisno; Ketut Wijaya Kesuma
E-Jurnal Manajemen Vol 5 No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (742.199 KB)

Abstract

Return is the main reason for investors to invest. Investors always want optimal return, therefore it needs to analyze the development of the company's financial reports before making a decision. The company's financial reports will provide an overviewfor investor show the company's condition. This study aim to determine the effect of the CR, DER, NPM, TATO, PER and MBV towards the stock return on firms that included in LQ 45 index in 2012-2014. The study examines the corporate that joined in LQ 45 index during 2012-2014. The number of samples was 23 by using purposive sampling method with multiple linear regression analysis as the data analysis technique. These results indicate that current ratio, debt to equity ratio, net profit margin, total assets turnover and price earning ratio positive insignificant effect on stock return. Market to book value negative significant on stock return.
OPTIMASI PORTOFOLIO SAHAM INDEKS BISNIS 27 DI BURSA EFEK INDONESIA (PENDEKATAN MODEL MARKOWITZ) Akbar Rifaldy; I B Panji Sedana
E-Jurnal Manajemen Vol 5 No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (388.77 KB)

Abstract

Peningkatan teknologi dan informasi telah membuat pasar modal Indonesia sebagai alternatif investasi yang cukup menarik. Investasi.pada pasar modal cukup berisiko sehingga, investor harus memiliki keahlian dalam mengurangi risiko tersebut. Salah satu caranya adalah membentuk sebuah portofolio berdasarkan Model Markowitz maka, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saham-saham yang mana sajakah layak masuk ke dalam portofolio optimal dan untuk mengetahui proporsi dana pada setiap saham yang layak untuk memperoleh portofolio optimal pada saham Indeks Bisnis 27. Sampel penelitian ini menggunakan Indeks Bisnis 27 periode Mei-Oktober 2015 dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah optimasi portofolio Model Markowitz. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dari 27 saham terdapat 5 saham yang layak masuk portofolio optimal dengan proporsinya masing-masing yaitu; AKR Corporindo (55.145%), Indofood CBP Sukses Makmur (2.444%), Lippo Karawaci (16.056%), Surya Citra Media (21.297%) dan Media Nusantara Citra (5.057%). Portofolio dari saham-saham tersebut, menghasilkan expected return sebesar 1.645%, pada tingkat risiko sebesar 3.437%.
PENGARUH PELATIHAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN MEDIASI KEPEMIMPINAN PADA HOTEL SATRIYA COTTAGES KUTA BALI I Wayan Sutya Edy Kumara; I Wayan Mudiartha Utama
E-Jurnal Manajemen Vol 5 No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.069 KB)

Abstract

Hotel Satriya Cottages dengan kelas bintang tiga merupakan salah satu usaha akomodasi bergerak dalam industry pariwisata yang mengadopsi style Tradisional Bali yang masih berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan karyawan terhadap pelanggan, namun terdapat permasalahan yang timbul mengenai kinerja karyawan dikarenakan kepemimpinan yang dirasakan dari masing masing karyawan kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peran kepemimpinan dalam memediasi pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan hotel Satriya Cottages Kuta Bali. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode sampel jenuh. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara dan kuesioner. Responden dari penelitian sebanyak 75 karyawan pada hotel Satriya Cottages KutaBali.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Pelatihan berpengaruh langsung terhadap kinerja karyawan. (2) Kepemimpinan berpengaruh langsung terhadap kinerja karyawan hotel Satriya Cottages Kuta Bali. (3) Pelatihan berpengaruh langsung terhadap kinerja karyawan dengan mediasi kepemimpinan.
PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL DI BIDANG SOSIAL, EKONOMI, DAN LINGKUNGAN TERHADAP CITRA YAYASAN GREEN SCHOOL I Gusti Ngurah Agung Sasmitra Wiguna; Gede Bayu Rahanatha
E-Jurnal Manajemen Vol 5 No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.71 KB)

Abstract

Implementasi tanggung jawab sosial sudah banyak diterapkan pada berbagai jenis perusahaan termasuk pada perusahaan non profit. Hal ini disebabkan karena implementasi tanggung jawab sosial mampu mempengaruhi citra yayasan. Penelitian ini dilakukan di desa Sibangkaja, Kecamatan Abiansemal. Sibangkaja dipilih karena Green School berada di kawasan desa ini dan Sibangkaja secara langsung merasakan dampak dari keberadaan yayasan ini. Sebagian dari karyawan yang bekerja di Green School juga merupakan masyarakat lokal. Sampel diambil secara sengaja, sehingga sebanyak 98 responden digunakan sebagai sampel. Analisis regresi linier berganda penelitian ini menunjukkan bahwa tanggung jawab dibidang sosial, ekonomi dan lingkungan berpengaruh positif signifikan pada citra yayasan Green School.
PENGARUH IKLIM ORGANISASI, KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, SELF EFFICACY TERHADAP PERILAKU KERJA INOVATIF Dewa Nyoman Reza Aditya; Komang Ardana
E-Jurnal Manajemen Vol 5 No 3 (2016)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.133 KB)

Abstract

Innovative work behavior is an introduced attitude, filed, applying ideas, products, processes, and procedures to the new job. An organization needs to pay attention to the factors that influence innovative work behavior. The aim of this study is to investigate the impact of organizational climate, transformational leadership, and self efficacy on innovative work behavior of PT. Serasi Autoraya Denpasar Branch employees. The number of respondent is 34 employees determinated through non probability sampling method, saturated sampling specially. Data is collected through interviews and questionnaires. The analysis technique used is multiple linear regression. The results show that organizational climate, transformational leadership, and self efficacy have positive effect on employee innovative work behavior. This shows that the better the perceived organizational climate , the stronger transformational leadership, and the higher self efficacy of employees will increase innovative work behavior of employees.

Page 1 of 3 | Total Record : 25


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 9 (2023) Vol 12 No 8 (2023) Vol 12 No 7 (2023) Vol 12 No 6 (2023) Vol 12 No 5 (2023) Vol 12 No 4 (2023) Vol 12 No 3 (2023) Vol 12 No 2 (2023) Vol 12 No 1 (2023) Vol 11 No 12 (2022) Vol 11 No 11 (2022) Vol 11 No 10 (2022) Vol 11 No 9 (2022) Vol 11 No 8 (2022) Vol 11 No 7 (2022) Vol 11 No 6 (2022) Vol 11 No 5 (2022) Vol 11 No 4 (2022) Vol 11 No 3 (2022) Vol 11 No 2 (2022) Vol 11 No 1 (2022) Vol 10 No 12 (2021) Vol 10 No 11 (2021) Vol 10 No 10 (2021) Vol 10 No 9 (2021) Vol 10 No 8 (2021) Vol 10 No 7 (2021) Vol 10 No 6 (2021) Vol 10 No 5 (2021) Vol 10 No 4 (2021) Vol 10 No 3 (2021) Vol 10 No 2 (2021) Vol 10 No 1 (2021) Vol 9 No 12 (2020) Vol 9 No 11 (2020) Vol 9 No 10 (2020) Vol 9 No 9 (2020) Vol 9 No 8 (2020) Vol 9 No 7 (2020) Vol 9 No 6 (2020) Vol 9 No 5 (2020) Vol 9 No 4 (2020) Vol 9 No 3 (2020) Vol 9 No 2 (2020) Vol 9 No 1 (2020) Vol 8 No 12 (2019) Vol 8 No 11 (2019) Vol 8 No 10 (2019) Vol 8 No 9 (2019) Vol 8 No 8 (2019) Vol 8 No 7 (2019) Vol 8 No 6 (2019) Vol 8 No 5 (2019) Vol 8 No 4 (2019) Vol 8 No 3 (2019) Vol 8 No 2 (2019) Vol 8 No 1 (2019) Vol 7 No 12 (2018) Vol 7 No 11 (2018) Vol 7 No 10 (2018) Vol 7 No 9 (2018) Vol 7 No 8 (2018) Vol 7 No 7 (2018) Vol 7 No 6 (2018) Vol 7 No 5 (2018) Vol 7 No 4 (2018) Vol 7 No 3 (2018) Vol 7 No 2 (2018) Vol 7 No 1 (2018) Vol 6 No 12 (2017) Vol 6 No 11 (2017) Vol 6 No 10 (2017) Vol 6 No 9 (2017) Vol 6 No 8 (2017) Vol 6 No 7 (2017) Vol 6 No 6 (2017) Vol 6 No 5 (2017) Vol 6 No 4 (2017) Vol 6 No 3 (2017) Vol 6 No 2 (2017) Vol 6 No 1 (2017) Vol 5 No 12 (2016) Vol 5 No 11 (2016) Vol 5 No 10 (2016) Vol 5 No 9 (2016) Vol 5 No 8 (2016) Vol 5 No 7 (2016) Vol 5 No 6 (2016) Vol 5 No 5 (2016) Vol 5 No 4 (2016) Vol 5 No 3 (2016) Vol 5 No 2 (2016) Vol 5 No 1 (2016) Vol 4 No 12 (2015) Vol 4 No 11 (2015) Vol 4 No 10 (2015) Vol 4 No 9 (2015) Vol 4 No 8 (2015) Vol 4 No 7 (2015) Vol 4 No 6 (2015) Vol 4 No 5 (2015) Vol 4 No 4 (2015) Vol 4 No 3 (2015) Vol 4 No 2 (2015) Vol 4 No 1 (2015) Vol 3 No 12 (2014) Vol 3 No 11 (2014) Vol 3 No 10 (2014) Vol 3 No 9 (2014) Vol 3, No 8 (2014) Vol 3 No 7 (2014) Vol 3 No 6 (2014) Vol 3 No 5 (2014) Vol 3 No 4 (2014) Vol 3 No 3 (2014) Vol 3 No 2 (2014) Vol 3 No 1 (2014) Vol 2 No 12 (2013) Vol 2 No 11 (2013) Vol 2 No 10 (2013) Vol 2 No 9 (2013) Vol 2 No 8 (2013) Vol 2 No 7 (2013) Vol 2 No 6 (2013) Vol 2 No 5 (2013) Vol 2 No 4 (2013) Vol 2 No 3 (2013) Vol 2 No 2 (2013) Vol 2 No 1 (2013) Vol 1 No 2 (2012) Vol 1 No 1 (2012) More Issue